Penyebab Charger Hp Cepat Panas

Advertisement

Penyebab Charger Hp Cepat Panas

Muhammad Timoti
Thursday, November 28, 2019

Charger hp panas

Penyebab charger hp cepat panas itu banyak pengaruhnya, pengaruh/penyebab inilah yang banyak tidak diketahui oleh para penggunanya. Sebenarnya charger panas saat proses pengecasan itu masih dalam batas wajar, namanya juga di aliri arus listrik. Justru pada saat kondisi charger hp anda tidak panaslah yang perlu dikhawatirkan.

Biasanya hal ini sangat sering di khawatirkan oleh mereka yang baru membeli hp (hp baru).Ada sedikit keganjalan saja mereka akan langsung khawatir, ya namanya juga barang baru.

Namun ada beberapa kasus pada charger hp yang kondisinya tidak normal, hal ini bisa disebut  overheating alias panas yang berlebihan, misalnya pembungkus charger yang overheating bisa menyebabkan meleleh serta terbakar, jadi anda harus bisa membedakan mana panas yang normal dan panas yang berlebihan (over heating).

Cara membedakan charger yang panasnya tidak normal juga sangat mudah, dengan membaca indikator dibawah ini, seharusnya anda dapat dengan mudah membedakan panas normal dan panas yang tidak normal.

Ciri Ciri Charger Hp Yang Overheating

  1. Charger hp meleleh dan terbakar
  2. Apabila dirasakan menggunakan tangan, panasnya melebihi 50 derajat celcius
  3. Arus listrik melebihi kapasitas yang dapat ditampung oleh kepala charger (Lihat nameplate pada charger).
  4. Listrik dirumah sering mati dan hidup kembali.

BERIKUT INI PENYEBAB CHARGER HP PANAS :

1. TEGANGAN LISTRIK TIDAK STABIL

Tegangan listrik yang tidak stabil adalah salah satu penyebab charger hp yang kita gunakan mengalami panas, hal ini di sebabkan naik dan turun nya tegangan pada listrik yang kita gunakan, dan ini akan memicu sistem kerja charger tidak normal, karena tegangan yang di berikan bisa kurang ataupun lebih dari batas kesanggupan charger tersebut menampung tegangan. (chaeger bekerja tidak normal)

2. TEGANGAN YANG BERLEBIHAN

penyebab hp / charger panas akibat arus listrik yg kelebihan kemudian arus di rubah menjadi panas, tapi itu normal karena arus yg masuk jadi stabil , dan teknologi yg bisa mengurangi panas pada cas itu ada di quick charge 3.0 dan 4.0 +. (charger 2.0 belum support akan hal ini).

Namun disini perlu anda ketahui, ketika tegangan sudah di atas 220 volt maka anda harus mewaspadai hal ini, karena dapat menyebabkan charger hp yang kita gunakan meledak/meletus.
 
Dan di bawah ini adalah penyebab overheating pada charger handphone.

3. TEGANGAN LISTRIK DI BAWAH 200 VOLT

Tegangan listrik dirumah menurun hingga di bawah 200 volt akan menyebabkan charger overheating. jika tegangan turun maka arus akan tinggi. Begitu sebalik nya, ketika arus yang turun maka tegangan yang akan naik (meninggi). Rumus nya adalah v = I.R

4. PROBLEM INTERNAL HP

Terkadang penyebab cas hp overheating itu masalah nya ada pada ponsel yang sedang kita charger, (bisa dikatakan ada yang konslet pada bagian komponen nya), oleh sebab itu kita perlu memeriksa nya ke teknisi handphone (service handphone).

NOTE: saya ingatkan kembali, pada saat proses pengecasan dan charger mengalami panas, itu adalah suatu hal yang wajar, Namun apabila terjadi panas yang menurut anda terlalu berlebihan (pembungkus charger hingga meleleh) hal ini perlu di waspadai, segeralah cabut charger dari arus listrik.

Sebagai bonus nya, saya akan memberikan beberapa tips yang dapat anda lakukan ketika sedang mencharger hp yang anda miliki agar awet dan tahan lama.

TIPS NGECAS HANDPHONE YANG BAIK DAN BENAR :

  1. Menggunakan charger asli hp tersebut (cas bawaan).
  2. Jangan mencharger hingga 100%.
  3. Pastikan tegangan listrik stabil.
  4. Melakukan pengisian batrai pada saat tidak habis total.
  5. Mematikan android pada saat proses pengisian.
  6. Menurunkan kontras layar smartphone anda.
  7. Menghindari pengisian menggunakan power bank (hanya pada kondisi tertentu saja).
  8. Hindari pengecasan menggunakan laptop.
  9. Menghidupkan mode pesawat.
Itulah beberapa tips sederhana yang dapat anda lakukan ketika pada saat ngecas handphone.

Bagaimana? apakah anda sudah mengerti apa penyebab charger hp cepat panas? jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar!