Ikan Cupang Giant (Cara Merawat Nya)

Advertisement

Ikan Cupang Giant (Cara Merawat Nya)

Muhammad Timoti
Jumat, 31 Januari 2020

Ikan Cupang Giant
IKAN CUPANG GIANT

Ikan cupang giant adalah ikan dengan ukuran terbesar pada sepesies ikan cupang lain nya. nama sebutan lain dari ikan ini adalah giant betta, sesuai dengan nama nya, "GIANT" yang mempunyai arti raksasa, ukuran tubuh dari ikan cupang giant mampu hingga 11 cm.

Seperti cupang-cupang pada umum nya, ikan jenis ini juga mempunyai minat bertarung yang kuat. hanya saja tidak se agresif seperti ikan cupang pada umum nya, hal ini di karena kan ikan cupang jenis giant mempunyai tubuh besar yang mengakibatkan memperlambat gerak nya. 

MENGETAHUI ASAL USUL CUPANG GIANT

Ikan cupang giant awal nya di kembang biakkan oleh bredder asal thailand yang bernama athapon dan salah seorang putra nya yang bernama nathee pada tahun 1999.

Mereka mempunyai ikan cupang jenis plakat yang berukuran sekitar 10 cm, kemudian kedua orang ini mempunyai inisiatif untuk mencoba perkawinan silang antara plakat yang dimiliki nya dengan ikan cupang liar (atau bisa di sebut ikan tempallo).

Tujuan mereka iyalah ingin menciptakan ikan cupang yang ukuran nya lebih besar dari biasa nya.

Usaha demi usaha mereka lakukan, namun tetap saja gagal untuk menciptakan cupang spesies terbaru ini.

Namun dengan bekal ketekunan dan keuletan nya akhir nya mereka berhasil mencetak ikan cupang terbesar di antara cupang lain nya, dan mereka memberi nama ikan tersebut dengan sebutan IKAN CUPANG GIANT/RAKSASA.

Pada awal tahun 2001 mereka mulai mengenalkan dan memasarkan hasil bredding terbaru nya tersebut. dan hasil nya para pecinta ikan cupang mulai melirik hasil bredding nya, dan pada akhir nya ikan ini di ikut sertakan dalam kontes internasional yang bernama IBC di amerika serikat. pada saat itu ikan cupang giant di banderol dengan harga 1000 dollar!.

VIDEO IKAN CUPANG GIANT KUALITAS KONTES

https://youtu.be/R8dirSg2RPg

TIPS MEMELIHARA IKAN CUPANG GIANT

Pada dasar nya perawatan pada cupang giant tidak begitu beda pada perawatan ikan-ikan cupang lain nya, Namun disini saya akan memberikan tips agar cupang giant yang anda miliki mempunyai kualitas yang sangat tinggi.

WADAH/AQUARIUM

Untuk ukuran aquarium sebaik nya di sesuaikan dengan besar ikan yang kita miliki. biasa nya untuk ikan giant yang berumur 2.5 bulan ukuran aquarium yang tepat adalah 20 x 15 ataupun 15 x 15 sedangkan untuk umur yang sudah lebih dari lima bulan sebaik nya gunakan ukuran 25 x 25.

AIR

Sebaik nya air yang di gunakan adalah air hujan atau pun air kolam yang sudah di endap kan beberapa hari.

ganti lah air di dalam aquarium jika air tersebut sudah sangat kotor, sebaik nya mengganti air sehari/dua hari sekali dengan perbandingan 20%(yang di ganti cukup dua puluh persen).

Hal ini perlu di lakukan karena kesehatan ikan cupang giant sangat berpengaruh pada kualitas air.

PAKAN

Untuk pemberian pakan anda bisa memberikan nya tiga kali dalam sehari, pakan ini bisa berupa pelet ataupun cacing sutra (anda juga bisa membuat pakan nya sendiri). ingat jangan terlalu berlebihan ketika memberikan pakan, karena nanti nya air sangat mudah kotor, berikan lah 4 butir pelet saja per sekali makan.

Dalam merawat jangan meletak kan ikan pada tempat yang langsung terkena sinar matahari.

Jika anda ingin membeli ikan cupang jenis giant ada beberapa hal yang perlu di perhatikan diantara nya adalah :
  1. Gerak nya gesit.
  2. Warna nya cerah.
  3. Tidak ada jamur yang nempel di tubuh nya.
  4. ekor membentuk sudut 180 derajat.
Baca juga : tips memilih ikan cupang untuk kontes

Mungkin hanya itu yang dapat saya bagikan tentang Ikan cupang giant, jika ada kesalahan ataupun pertanyaan silahkan berkomentar di kolom komentar bawah ini.