Update Terbaru Algoritma Instagram Olshop Wajib Baca

Advertisement

Update Terbaru Algoritma Instagram Olshop Wajib Baca

Muhammad Timoti
Minggu, 16 Februari 2020

ALGORITMA INSTAGRAM

Algoritma instagram dari tahun ke tahun selalu terjadi update (perubahan), dan update ini kian lama semakin menyusahkan anda yang sedang berjualan di instagram maupun anda yang memanfaatkan instagram sebagai ladang bisnis.

Bukan tanpa alasan pihak instagram mengupdate algoritma nya, beberapa alasan yang menyebab kan developer instagram melakukan perubahan algoritma adalah marak nya followers-followers palsu serta like palsu (booth) pada akun baru, dan mereka menganggap ini adalah spam, jadi bagi anda yang ingin membangun sebuah akun instagram yang mempunyai banyak follower sebaik nya jangan pernah beli jasa follower maupun jasa like, untuk menaikan follower instagram ada cara dan teknik nya tersendiri, anda dapat membaca nya disini : cara ampuh untuk menaikan follower instagram. 

PERUBAHAN ALGORITMA INSTAGRAM

Ada beberapa perubahan algoritma pada instagram yang harus anda ketahui agar postingan anda dapat menjangkau audience yang banyak. 

ALGORITMA POST EXPOSURE

Algoritma post exposure adalah sebuah algoritma yang mengepentingkan ada nya sebuah interaksi dari postingan yang telah anda post. dan algoritma ini lah yang memberikan dampak sangat besar kepada para pemain maupun pengelola akun instagram yang sudah mempunyai belasan ribuan pengikut di akun nya.

Sistem kerja dari algoritma ini adalah : bergantung dari seberapa besar interaksi pengikut terhadap konten/postingan yang telah anda terbitkan.

Ketika anda telah menerbitkan sebuah foto baru, maka foto anda tidak akan menjangkau keseluruhan dari jumlah pengikut yang anda miliki. (hanya menjangkau 10 persen dari jumlah follower yang dimiliki) Jika interaksi dari 10% follower tersebut besar, maka baru lah postingan anda akan di tampilkan ke semua pengikut anda.

Yang di maksud dari sebuah interaksi adalah bisa berupa sebuah komenan dari pengikut maupun like dari pengikut. (mereka berpartisipasi terhadap postingan anda)

ALGORITMA SHADOW BANNED 

Sebelum anda berniat berbuat curang, pihak instagram sudah mengatasi nya terlebih dahulu hehe, Algoritma shadow banned bisa di katakan adalah sebuah algoritma pendukung dari algoritma post exposure (saling melengkapi). algortima ini berfungsi untuk menyeleksi interaksi dari para pengikut.

Seperti apa yang saya katakan di atas, algoritma post exposure bertugas untuk menilai seberapa besar/banyak interaksi follower (seperti komen maupun like dari follower) di setiap postingan yang baru kita terbitkan.


Sedangkan shadow banned bertugas untuk  memfilter interaksi atau istilah nya penyeleksi reaksi pengikut terhadap postingan anda. Misal nya pada sebuah postingan anda terdapat banyak komen dari pengikut, Namun jika komen dari pengikut tersebut kurang dari empat kata, maka algoritma ini akan memfilter bahwa komen tersebut bukan asli manusia melainkan boot/robot.

Jadi meskipun postingan anda banyak yang komen, tetapi kurang dari 4 kata maka postingan anda akan tetap menjangkau 10% dari pengikut yang anda miliki dan tidak akan di teruskan kepada semua follower anda (tidak meningkatkan engagement dari postingan anda).

Mereka menerbitkan algoritma ini bertujuan untuk mengatasi para mafia instagram, kebanyakan para pemain instagram selalu bekerja sama dengan pemilik jutaan follower lain nya, salah satu contoh kerja sama nya seperti saling mempromosikan akun di setiap postingan nya.

INTERACTION

Sedangkan interaction adalah sebuah algortima yang berfungsi untuk melihat interaksi dalam satu jam terkahir. Meskipun postingan anda banyak yang komen serta lebih dari 4 kata, namun lewat dari 60 menit setelah postingan di terbitkan bisa di katakan interaksi tersbut tidak dapat meningkatkan engagement postingan anda.

TIPS MENGATASI ALGORITMA INSTAGRAM

Untuk anda yang menjadikan instagram sebagai ladang bisnis, Jangan khawatir meskipun instagram melakukan update besar-besaran. Tentu di setiap ada masalah pasti ada jalan keluar nya, Nah disini saya akan memberikan tips bagaimana cara mengatasi algortima instagram yang semakin menggila, berikut ini adalah cara yang dapat anda lakukan :

MEMBUAT CAPTION YANG MENGUNDANG INTERAKSI

Salah satu cara yang tepat untuk mengatasi algoritma post exposure adalah membuat caption yang sangat menarik, atau bisa juga membuat caption yang mengundang sebuah pertanyaan kepada audience anda (postingan yang berbobot).

CONTOH : posting lah sebuah gambar teka-teki kemudian buatlah sebuah caption pertanyaan agar para follower anda ikut berinteraksi (komen pada postingan anda)

MEMANFAATKAN STORIES

Update kali ini instagram juga membuat sebuah perubahan pada stories, yang dimana jangakuan sebuah stories lebih luas di bandingkan foto yang kita posting meskipun tidak ada interaksi nya. So rajin-rajin lah meng update stories di akun milik anda!.

HINDARI PENGGUNAAN HASTAG YANG BERLEBIHAN

Tentu anda sudah tidak asing lagi dengan yang nama nya hastag bukan? Hastag pada instagram mempunyai fungsi yang sangat besar, salah satu fungsi nya adalah menargetkan audience. yang dimana jika kita membuat postingan mengenai berita moto gp, maka hastag yang tepat adalah #motogpindonesia #fansmotogp #fansvr46 dan sebagai nya. fungsi inti dari hastag iyalah menargetkan audience yang sesuai dengan tema yang kita garap pada sebuah akun (meskipun mereka tidak memfollow anda tetapi memfollow hastag yang anda gunakan, maka bisa saja postingan anda muncul di timline mereka yang mengikuti hastag yang anda terapkan pada sebuah postingan).

Perlu diingat penggunan hastag yang baik adalah maksimal 9 hastag, jika lebih dari itu maka pihak instagram akan menganggap nya sebuah spam, dan ini bisa berakibat fatal (bisa menenggelamkan/menurunkan engagement postingan anda) meskipun pihak intagram memberikan 50 hastag pada satu buah postingan, jadi jangan semena-mena menggunakan hastag!

Saya yakin jika anda menerapkan tips yang saya berikan di atas performa dari akun instagram anda tidak akan menurun,

jika ada kesalahan maupun masukan silahkan share di kolom komentar!