Pengertian IP Fungsi Alamat IP Dan Kelas IP Dalam Jaringan Komputer

Advertisement

Pengertian IP Fungsi Alamat IP Dan Kelas IP Dalam Jaringan Komputer

Muhammad Timoti
Kamis, 07 Mei 2020

Pengertian Ip

Pengertian alamat IP atau bisa juga di sebut "internet protocol" adalah salah satu bagain terpenting di suatu jaringan. biasa nya ip juga bisa di gunakan untuk melacak keberadaan perangkat android, yang dimana terlebih dahulu kita harus mengetahui alamat ip adress tersebut.

Sebelum masuk ke bagian fungsi ip, tidak ada salah nya terlebih dahulu kita mengetahui apa itu IP adress?

Pengertian Dan Fungsi Alamat IP  Beserta Kelas Nya

Pengertian Internet Protocol

ip adalah suatu deretan angka biner 32 bit hingga 128 bit. nah deretan angka biner tersebut memiliki identitas numerik yang berbeda beda yang nanti nya akan di label kan ke sebuah perangkat elektronik/jaringan internet seperti komputer, android, printer dan lain sebagai nya.

Fungsi IP Adress

1.Identitas Host Dalam Perangkat/Jaringan

Identifikasi host atau antar muka jaringan adalah salah satu fungsi dari internet protocol. maksud nya iyalah, IP ini di gunakan untuk mengenali suatu perangkat/jaringan internet, yang dimana setiap perangkat ataupun jaringan internet memiliki nama dan alamat yang berbeda.

Jika di sederhanakan lagi, saya akan memberikan contoh : pada umum nya manusia akan memiliki nama yang berbeda, misal nya ayu, andi, amat, dian. tentu nya nama ini bertujuan untuk mengenali seseorang

Beda nya jika pada suatu jaringan/perangkat elektronik menggunakan sebuah bilangan binner yang berbeda beda. dari 32 bit sampai 128 bit, jadi setiap jaringan bilangan binner tersebut tidak akan pernah sama di dalam suatu jaringan/perangkat elektronik.

2.Alamat Lokasi Pada sebuah Jaringan/Perangkat Elektronik

Selain sebagai identitas suatu host, IP adress juga berfungsi untuk menentukan sebuah lokasi perangkat/jaringan internet tersebut.

Tadi saya mencontoh kan nya ayu, andi dan dian. nah tentu nya setiap orang ini mempunyai rumah bukan? alamat andi, ayu dan dian ini pasti nya memiliki tempat tinggal yang berbeda (rumah yang berbeda). nah alamat ip ini akan menunjukan lokasi dimana komputer tersebut berada, hal ini berfungsi agar memudah kan kita dalam mengirim suatu paket/data (sms) agar tidak menyasar ke alamat lain.

Jenis IP Adress

1.Jenis IP Versi 4 (Ipv4)

Pada kelas ini terdiri 32 bit angka biner. yang dimana ip version4 ini di mulai dari :172.146.80.100 hingga  4.294.967.296 . nah kira kira berapa tuh? saya rasa sudah lumayan cukup untuk penduduk seluruh dunia. angka tersebut di acak supaya berbeda beda setiap perangkat nya.

2.Jenis IP Versi 6 (IPv6)

Semakin banyak nya pengguna internet, tentu nya suatu saat ipv4 sudah tidak mampu lagi memberikan alamat yang berbeda. hal ini membuat ke khawatiran ipv4 sudah tidak mampu memberikan angka yang berbeda lagi.

pada jaringan intenet Ip version 6 ini di ciptakan untuk berjaga-jaga apabila suatu saat ipv4 telah habis di gunakan oleh seluruh manusia yang ada di muka bumi ini. maka dari itu di ciptakan lah internet protocol version 6 (128 bit).

ipv6 ini 4 kali lebih banyak di banding kan ipv4, namun host yang bisa di tampung bukan 4x lebih banyak, melain kan 4.294.967.296 pangkat 4, maka akan di dapat kan hasilnya 340.282.366.920.938.463.463.374.607.431.768.211.456. gila bukan?

Pembagian Kelas IP Adress

Kelas A

Digunakan untuk jaringan skala besar dengan jumlah host yang sangat banyak, kelas A memiliki hingga 126 jaringan, dan 16,777,214 host tiap jaringannya.

IP address kelas A terdiri atas 8 bit untuk network ID dan sisanya 24 bit digunakan untuk host ID, Pada bit pertama diberikan angka 0 sampai dengan 127.


Contoh :


Kelas IP


Kelas B

Digunakan untuk jaringan skala menengah hingga skala besar, terdiri atas 16 bit untuk network ID dan sisanya 16 bit digunakan untuk host ID dan Pada 2 bit pertama, diberikan angka 10.

Contoh:


Fungsi IP

Kelas C

Kelas c biasa nya di gunakan pada jaringan berskala kecil (jaringan local area network/lan) 3 angka pertama di berikan nilai 110.

Contoh:

APA ITU IP ADRESS

Kelas D

Disediakan hanya untuk alamat-alamat IP multicast, namun berbeda dengan tiga kelas di atas. 4 bit pertama di dalam IP kelas D selalu diset ke bilangan biner 1110. 28 bit sisanya digunakan sebagai alamat yang dapat digunakan untuk mengenali host.

Contoh :

Kelas IP

Kelas E

Alamat IP kelas E disediakan sebagai alamat yang bersifat “eksperimental” atau percobaan dan dicadangkan untuk digunakan pada masa depan. Empat bit pertama selalu diset kepada bilangan biner 1111. 28 bit sisanya digunakan sebagai alamat yang dapat digunakan untuk mengenali host.

Contoh:

kelas ip


Kesimpulan

Fungsi IP Address adalah sebagai alat identifikasi Host atau antar muka, alamat lokasi pada jaringan komputer yang bersifat unik untuk tiap-tiap komputer dan digunakan juga pada jaringan internet.

Mungkin itu saja yang bisa saya bagi kan jika ada salah silah kan di koreksi, atau ada yang belum jelas bisa berkomentar pada kolom komen di bawah!.