Panduan Lengkap Menjadi Youtuber (Produksi Konten)

Advertisement

Panduan Lengkap Menjadi Youtuber (Produksi Konten)

Muhammad Timoti
Senin, 22 Juni 2020

Cara Membuat Video Youtube

Setelah berhasil membuat channel dan topik untuk rencana produksi video, kali ini kita akan bahas bagaimana cara mengelola channel dan memproduksi video yang berkualitas untuk di upload ke channel yang telah kita bangun. 

Disini kita akan pelajari hal hal yang perlu di perhatikan sebelum mengelola dan memproduksi konten terlebih dahulu sebelum mempelajari publikasi video.  

Disini kita akan jelaskan bagaimana langkah Produksi video jenis CountDown. Jika kamu memilih jenis video lainya silahkan di aplikasikan sendiri. Saya yakin anda cerdas. 

Intinya kita akan menyampaikan ulang atau menkonversi sebuah tulisan menjadi video yang menarik. Silahkan disimak materi berikut : 

#Proses Pra-Produksi VIDEO YOUTUBE

Riset Judul

Riset judul adalah proses menentukan judul dengan pertimbangan-pertimbangan tertentu yang sesuai dengan topik dan jenis video yang akan di produksi. Kita bisa melakukan riset judul melalui google atau  
Sebelum memproduksi video yang berkualitas hendaknya kita riset judul terlebih dahulu. Karna judul ini merupakan bagian terpenting sebelum video di buat. Riset judul disini merupakan proses Pra-produksi yang biasanya memakan waktu lebih lama ketimbang produksi. 
Sebaiknya kita membuat channel dengan topik yang sesuai dengan pashion kita agar kita tidak kesulitan dalam menentukan judul dan menyampakan materi karna sudah menguasai. 
Jika kita memilih topik atas dasar banyak komunitasnya tapi tidak menguasai materi dari topik tersebut kamu bisa mempelajari topik tersebut dari google atau buku agar bisa menentukan judul. 
Karna disini kita di haruskan membuat target agar bisa sukses dalam membangun channel. Hendaknya kita membuat minimal 4 judul video perbulan untuk diproduksi 1 video setiap minggunya. Jadi target kita bisa update video per minggu.  
Misal kita punya channel dengan topik sepak bola. Maka contohnya saya buat judul : 

1. “6 Goal terindah di tahun 2017 “ 
2. “ 6 Pemain termahal di tahun 2018” 
3. “ 6 Giringan cantik Neymar jr 2015 “ 
4.  “6 momen seru Persib vs Arema “ 
5. “ 6 freestyle terbaik di tengah lapangan 2017“ 
6. “ Ronaldo wati all Freestyle 2018 “ 

Judul diatas hanyalah contoh dan bisa di ubah ubah sesuai nama dan FC. Atau buatlah judul yang lebih kreatif lagi. Jika kamu membuat channel dengan topik yang lain silahkan buat judul yang kreatif 

Bagaimana cara riset judul? Pilih Topik > Kuasai Materi > Ambil point – Point yang kemungkinan di butuhkan > Buat judul sesuai materi  

Misal saya pilih topik sepak bola. Maka yang perlu saya pikirkan adalah apa yang menarik dan perlu di sampaikan  kepada penonton. Dari situlah kita bisa menentukan judul. 
Jika  kamu terlalu sibuk atau tidak mampu untuk membuat 4 video per-bulan silahkan kurangi sesuai kemampuanmu. Ada baiknya kamu membuat banyak judul terlebih dahulu meski proses produksinya di undur.  
Jika kamu belum paham dan belum bisa membuat Judul, atau tidak tahu maksud dan tujuan Judul. Bisa langsung di konsultasikan ke mentor. Jika teks narasi sudah selesai di buat maka langkas selanjutnya adalah mengumpulkan material untuk pembuatan video. 


Mencari/menyusun materi teks narasi 

Jika sudah menentukan judul langkah selanjutnya adalah mencari materi untuk teks narasi. Teks narasi adalah teks yang kita gunakan untuk menyampaikan informasi di dalam video. 
Misalkan saya pakai judul “6 stadion paling megah tahun ini “ maka struktur teks narasinya sebagai berikut : 

[Pembukaan/intro] 

Hey guys .... selamat datang bla bla bla (susun sendiri)  
[/pembukaan] 

[Ajakan subscribe] 

Sebelum melanjutkan video jangan lupa subscribe terlebih dahulu... (susun sendiri yang lebih bagus) 
[/Ajakan subscribe] 


konten

1. Stadion pacitan Susun teks narasi berdasarkan informasi yang kamu dapat. Jangan lupa edit dengan bahasamu sendiri. 2. Stadion Hanoman Susun teks narasi berdasarkan informasi yang kamu dapat. Jangan lupa edit dengan bahasamu sendiri. 

3. Stadion Manado Susun teks narasi berdasarkan informasi yang kamu dapat. Jangan lupa edit dengan bahasamu sendiri. 

4. Stadion Wamena Susun teks narasi berdasarkan informasi yang kamu dapat. Jangan lupa edit dengan bahasamu sendiri. 

5. Stadion denpasar 
Susun teks narasi berdasarkan informasi yang kamu dapat. Jangan lupa edit dengan bahasamu sendiri. 

6. Stadion Boyolali Susun teks narasi berdasarkan informasi yang kamu dapat. Jangan lupa edit dengan bahasamu sendiri. 
[/konten] 
[Penutup] 
Isi penutup sesuai kreasimu dan jangan lupa sisipkan ajakan subscribe. 
[/penutup] 

Teks narasi diatas hanyalah contoh, Silahkan buat sendiri teks narasi dengan struktur seperti diatas dengan isi materi yang sesuai dengan judul dan topik yang kamu pilih. 
Jika kamu kurang ahli dalam menyusun teks narasi silahkan search search di google yang sesuai dengan judul video yang akan kamu buat. Copas artikelnya, artikel tersebut juga bisa di gunakan sebagai teks narasi. 


Cara mudah mencari teks narasi : 


1. Search di google “ Stadion termegah di dunia “ 2. Klik salah satu situs yang bagus 3. Copy Artikelnya. 4. Edit sedikit 5. Selesai 
Mudah bukan? Intinya tujuan kita adalah menyampaikan ulang materi pada artikel menjadi bentuk video. Mengapa? Karna video cenderung lebih menarik dan kebanyakan orang lebih suka melihat video ketimbang membaca artikel. 
Jika kamu belum paham dan belum bisa membuat teks narasi, atau tidak tahu maksud dan tujuan teks narasi, Bisa langsung di konsultasikan ke mentor. Jika teks narasi sudah selesai di buat maka langkas selanjutnya adalah mengumpulkan material untuk pembuatan video. 
Mencari material Gambar,Video,BackSound Free 
Material apa saja yang perlu kita cari? Material yang perlu kita cari adalah material yang terkait dengan isi konten dari narasi yang sudah kita buat.Maksudnya bagaimana? Jadi kita harus mencari potongan video atau gambar yang berkaitan dengan isi konten. 
Pernahkah kamu melihat sebuah video di youtube yang isinya hanya gambar bergerak zoom in atau zoom out tapi menarik dan memiliki banyak viewers dan liker? Mengapa? Karna di sampaikan dengan narasi yang cocok dan cara penyampaian yang bagus. 
Bagaimana cara mencari material Video, gambar dan backsound yang tepat? Silahkan simak langkah langkah di bawah ini : 


1. Bagaimana cara mencari material gambar yang tepat? 

a. Kunjungi google image b. Masukan kata kunci dengan setiap point yang ada di materi teks narasi yang kita buat. Misal konten yang saya sebutkan diatas “ Stadion pacitan “ , “Stadion Hanoman “, ... sampai akhir. Jadi intinya carilah gambar yang sesuai dengan materi yang kamu kutip. c. Pilih gambar gambar yang HD dan yang sesuai dengan materi. d. Save gambar tersebut ke dalam komputer kita e. Selesai 

2. Bagaimana cara mencari material Video yang tepat? 

a. Kunjungi Youtube b. Masukan kata kunci dengan setiap point yang ada di materi teks narasi yang kita buat. Misal konten yang saya sebutkan diatas “ Stadion pacitan “ , “Stadion Hanoman “, 
... sampai akhir. Jadi intinya carilah gambar yang sesuai dengan materi yang kamu kutip. c. Pilih Cuplikan video  yang terkait dengan materi. d. Download video yang di pilih melalui savefrom atau Youtube downloader. e. Pastikan setiap poin sudah mendapat video jika memungkinkan. f. Selesai 

3. Bagaimana cara mendapatkan backsound yang gratis? 

a. Buka Youtube.com b. Buka Creator studio c. Buka Youtube Music library d. Download backsound yang kamu sukai 
Intinya kita harus mengumpulkan material sesuai point point yang tertera dalam materi konten teks narasi yang telah kita buat. Jadi usahakan setiap point sudah ada klip video dan gambar yang sesuai. Usahakan dalam memproduksi video countdown kamu harus menemukan klip video yang terkait, dan gambar hanya sebagai alternativ jika video tidak di temukan. 
Jika kamu tidak keberatan kamu bisa memproduksi video sendiri dengan hasil rekamanmu sendiri. Tentu saja proses ini memerlukan keahlian khusus yang tidak di ajarkan disini. Silahkan pelajari sendiri melalui kursus atau yang lainya jika kamu hobi dan ingin mengembangkan bakat di bidang videografi. 
Jika kamu kurang faham mengenai cara atau tujuan pencarian material diatas bisa langsung di konsultasikan ke admin atau ke temen temen yang paham. Jika semua proses pra-produksi dan material sudah lengkap, lanjutkan ke proses produksi 


#Proses Produksi 

Alat dan bahan 
Siapkan beberapa alat berikut : 
1. Komputer/laptop/Hp 
2. Software editing Video (Filmora/WMM) 3. Software editing gambar (Corel, Phothoshop) 4. Headset + Mic / Mic clip on/ perekam suara 5. Konektor internet (wifi/modem) 
Siapkan bahan berikut : 
1. Judul dan narasi video 2. Material Gambar & video 3. Backsound 
Jika alat dan bahan sudah lengkap lanjut ke angkah berikutnya : 
Gambaran Proses Editing 
Ok, lanjut ke proses produksi yang pastinya lebih mudah dari proses sebelumnya. Di sini saya beri judul Gambaran Proses Editing di karenakan di sini kita hanya menjelaskan gambaranya saja. Karna setiap software atau aplikasi video editing memiliki fitur yang berbeda maka saya jelaskan gambaran langkah langkahnya saja agar bisa di pahami dan bisa di aplikasikan ke software editing video yang biasa kamu pakai. 
Ok, langsung simak saja langkah – langkah berikut : 

1. Melakukan rekaman suara narasi Nah, inilah fungsinya teks narasi yang tadi kita buat. Agar video kita menarik dan memiliki keunikan, kita harus merekam sendiri narasinya. Bagaimana cara merekamnya? Simak cara berikut : a. Siapkan perekam suara (laptop/hp + Aplikasi perekam suara) b. Siapkan mic (Gunakan Headset yang include mic/mic clip) c. Siapkan teks narasi. d. Rekam dan baca teks narasi e. Jika sudah selesai, simpan file nya. 
Jika kamu masih pemula dalam berbicara pasti rekaman akan terlihat jelek. Tapi jangan khawatir, terus berlatih agar menjadi lebih menarik. Jangan takut kalau suaramu cupu, karna jika 
kita periksa channel yang sudah besar sekarang ini dulunya suaranya juga cupu. 

2. Masukan suara kedalam aplikasi video editor Masukan hasil rekamanmu kedalam video editor yang kamu pakai. Dengarkan kembali dan lakukan evaluasi. Silahkan potong dan hapus bagian yang tidak di perlukan. 

3. Masukkan material kedalam video editor Material yang di cari di awal berfungsi sebagai bahan ilustrasi supaya penonton bisa membayangkan apa yang narator sampaikan. Cara memasukanya cukup mudah, silahkan simak langkah langkah berikut : a. Import media/bahan material ke dalam sofware video editing b. Dengarkan kembali audio narator c. Letakkan video atau gambar material secara tepat atau sesuai dengan teks narasi. Maksudnya ketika narator bilang A maka video yang muncul adalah A.  d. Yang perlu di perhatikan disini adalah menyesuaikan penataan video hingga durasinya sama dengan suara narator. Jika suara narator 1 menit sedangkan klip video yang kita dapat Cuma 15 detik maka kombinasikan dengan gambar dan ulangi klip video tersebut sampai durasinya sama. 
Dah selesai. 

4. Edit dan sempurnakan Setelah material konten sudah di letakkan sesuai dengan suara narator, kita hanya perlu melihat ulang hasilnya dengan di play. Tambahkan intro dan outro channel serta watermark agar video di kenal milik channel kamu. 

Langkah finishing editing : a. Play ulang video b. Temukan kekurangan c. Sempurnakan d. Tambahkan intro dan outtro e. Tambahkan watermark 
f. Selesai 

5. Export video Export video adalah langkah terakhir dari produksi video. Silahkan export video yang sudah kamu edit menjadi format video yang mendukung untuk di upload di youtube misal : MP4, MKV, AVI dll.  

Setelah export vidoe jangan menghapus file mentahan editing video untuk berjaga jaga jika nanti ada kekurangan pada video yang sudah di export bisa di sempurnakan kembali sebelum di upload. 
Demikian proses langkah editing video yang bisa saya gambarkan disini. Silahkan aplikasikan ke software editing yang kamu pakai Karna semua software dasar-dasarnya sama dan bisa di gunakan untuk melakukan langkah di atas. 

Software Editing vidoe 

Bagi yang belum tau edit video pakai apa aja? Apa saja software yang ringan dan bisa di jalankan di komputer low spesifikasi? Silahkan tanyakan ke mentor.  
Beberapa software editing video yang saya sarankan untuk pemula : 

1. Windows Movie Maker Saya menyarankan aplikasi ini karna sangat ringan dan sangat sederhana untuk editing video. Dengan kesederhanaan software ini tentunya akan mempercepat proses editing karna tidak banyak tombol tombol yang membuat kita penasaran untuk mencobanya. 2. Filmora Fimora ini sangat saya sarankan untuk pemula karna penggunaanya sangat mudah di phami. Software ini sudah menyediakan banyak preset seperti text animation, Slide, split, efect, dan layer video untuk mendukung kita untuk membuat video yang tampil keren. Bahkan versi terbaru dari filmora 
sudah mendukung Greenscren yang  memungkinkan kamu untuk mengganti object background pada videomu. 

2.FILMORA Meski kita tidak bisa leluasa untuk menciptakan animasi sediri seperti premiere atau after effect tapi filmora ini sudah menyediakan preset animasi yang cukup keren ditambah lagi ada pack tambahan. Aplikasi ini tergolong ringan, Hanya perlu menggunakan komputer dengan ram 2 gb untuk bisa menjalankan aplikasi ini. 

3. Camtasia Aplikasi video ini tergolong ringan tapi fiturnya cukup untuk menjalankan proses produksi video. Selain untuk editing video aplikasi ini dapat di gunakan untuk merekam layar , Suara dan bisa merekam video menggunakan webcam saat merekam layar menggunakan webcam. Fitur tersebut memungkinkan kamu untuk membuat video tutorial. 

Kesimpulanya aplikasi ini multifungsi. Bisa di gunakan untuk merekam layar kemudian hasil rekaman bisa di edit langsung melalui aplikasi camtasia ini.  
Sebenarnya masih banyak lagi software editing video yang ringan. Tapi itulaah yang saya sarankan untuk di coba, tidak perlu di instal semua, cukup pilih salah satu. 
Jika kamu tertarik untuk mempelajari multimedia terutama di bidang editing video maka saya sarankan untuk mempelajari Adobe Premiere pro dan After effect.  
Bagi kamu yang belum menguasai software editing bisa langsung konsultasi ke mentor atau ke teman kamu yang bisa. 

Kesimpulan 

Langkah – langkah di atas adalah kiasan dalam proses produksi video di youtube. Disini saya misalkan pembuatan video countdown. Judul judul di atas hanyalah sebagai contoh atau 
kiasan, Silahkan kembangkan sendiri dengan topik dan jenis video yang kamu sukai. 
Intinya proses produksi semua jenis video hampir mirip dengan proses yang di jelaskan diatas, yaitu membuat judul terlebih dahulu kemudian membuat narasi lalu mengumpulkan material gambar dan video. 
Jika semua proses pra-produksi selesai barulah di mulai proses produksi. Semua akan lebih mudah jika langkah langkah di jalankan sesuai prosedural. 

Program kerja 

Buatlah 4 judul video sesuai topik yang kamu pilih, kemudian buat teks narasinya sampai ke proses produksi. 
Jika berniat jadi Youtuber hendaknya bisa konsisten membuat 4 video per bulan atau 1 video perminggu. 
Silahkan ikuti langkah langkah di atas untuk memproduksi video. 
Target : 
 dapat membuat judul dan teks narasi   bisa memprodkusi video sendiri