Cara Riset Kata Kunci Untuk Blog Dengan Google Keyword Tool Dengan Cepat

Advertisement

Cara Riset Kata Kunci Untuk Blog Dengan Google Keyword Tool Dengan Cepat

Muhammad Timoti
Minggu, 07 Juni 2020

Riset Kata kunci untuk blog sangat di perlukan, karena apa bila kita menerbitkan sebuah artikel tanpa meriset kata kunci itu akan mengakibatkan tulisan kita susah untuk di cari oleh orang yang mencari nya di google.

manfaat dari meriset keyword adalah:

  1. memudahkan website kita di temukan oleh orang pada mesin pencari
  2. merupakan salah satu syarat mutlak seo dalam sebuah website (seo on page)
  3. mengetahui jumlah kompetitor
  4. mengetahui jumlah pencarian perbulan dengan kata kunci yang kita incar (apakah kata kunci yang kita tuju  tersebut banyak yang mencari nya)
itu beberapa manfaat nya, dengan melakukan analisa kata kunci tentu kita akan mengetahui apakah keyword yang di incar tersebut berpotensi? dan apakah juga artikel yang nanti nya kita buat bisa mencapai puncak?

tentu nya sangat bisa sekali, asalkan kita melakukan tahap nya dengan benar, setelah melakukan riset sebaik nya anda membaca belajar dasa-dasar seo. dengan demikian artikel anda bisa saja menyaingi website-website besar sekalipun.

yang harus anda ketahui fungsi dari RISET KATA KUNCI MENGGUNAKAN GOOGLE KEYWORD TOOL sendiri adalah mencari ide kata kunci yang sama (kata kunci turunan) ini yang harus anda ketahui, karena kalo menurut saya sebenar nya melakukan riset melalui keyword planner ini tidak begitu saya saran kan. tetapi ini hanya untuk sebagai pengetahuan umum dan pengalaman saja.

baik langsung saja simak pembahasan kita kali ini tentang cara riset kata kunci untuk blog dengan menggunakan google keyword tool:


1.mendaftar google adword

google adword adalah sebuah platform yang di sediakan google secara gratis untuk para pengiklan (advertise). 

namun, selain untuk beriklan kita juga bisa memanfaat kan google keyword planner yang ada di dalam google adwords sebagai media untuk meriset kata kunci dengan gratis meskipun kita tidak beriklan.

akan tetapi tentu google keyword planner sendiri mempunyai kelemahan yang dimana kita tidak bisa mengetahui pasti berapa jumlah pencarian kata kunci yang akan kita gunakan.

google keyword planner pada dasar nya juga menampilkan jumlah penelusuran per bulan, nah, disini kan kita hanya memanfaat kan nya sebagai sarana riset keyword. sedangkan fungsi asli dari google keyword planner sendiri adalah untuk pengiklan (advertise) 

mereka menampilkan jumlah pencarian kata kunci yang saling berkaitan (masih bersangkutan dengan kata kunci yang akan kita gunakan)/google keyword planer ini tidak memberikan ke akuratan jumlah penelusuran rata-rata perbulan. inti nya kita tidak bisa mengetahui apakah kata kunci yang akan kita terapkan di artikel nanti nya akan berpotensi.


 step by step untuk mendaftar google adwords

STEP 1: Klik URL berikut ini https://adwords.google.com dimana nanti akan muncul tampilan seperti di bawah ini (atau bisa saja ada perubahan tampilan). Lalu KLIK tombol biru Start Now di kiri bawah.
cara riset kata kunci dengan google keyword tool
tampilan halaman utama google adwords
sumber:https://belajarbisnisinternet.com



STEP 2: Setelah Anda klik Start Now, maka akan muncul tampilan dan Anda perlu klik tombol I Agree. Lalu akan muncul tampilan berikutnya seperti di bawah ini. Anda KLIK link “Skip the guided setup” agar Anda tidak perlu mengikuti proses pembuatan iklan pertama Anda.
cara riset kata kunci dengan google keyword tool
tampilan adword

STEP 3: Anda sekarang akan diminta untuk mengisikan alamat Gmail Anda (yang sudah Anda buat), Negara, Zona Waktu dan Mata Uang seperti tampilan berikut ini. Setelah selesai mengisikannya semua, silakan KLIK tombol “Save and Continue” di bawah.
cara riset kata kunci dengan google keyword tool
tampilan adword


STEP 4: Anda lalu akan diminta untuk login ke Google Account yang Anda isikan di step 3 tadi. Masukkan alamat Gmail dan password Anda.

STEP 5: Nanti akan ada proses beberapa saat dan muncul tampilan seperti berikut ini maka proses membuat akun Google Adwords sudah SELESAI



cara riset kata kunci dengan google keyword tool
tampilan dashbord adword

2.Cara Mengakses Google Keyword Planner (Tampilan Versi Baru)

perhatikan saja gambar di bawah ini:

cara riset kata kunci dengan google keyword tool
tampilan dashbord google adword

setelah anda masuk ke google keyword planner tahap selanjut nya adalah klik bagian yang saya lingkari seperti tampak pada gambar:
cara riset kata kunci dengan google keyword tool
tampilan awal google keyword planner

"temukan kata kunci baru" 
anda tinggal menuliskan keyword yang ingin anda incar pada kolom yang di sediakan tersebut,

misal nya niche dari blog anda adalah mengenai teknologi, maka anda bisa mengetikan nya di kolom tersebut.

contoh nya: cara memperbaiki laptop, setelah itu akan muncul seperti tampilan seperti gambar di bawah ini:
cara riset kata kunci dengan google keyword tool
tampilan ide kata kunci google keyword planner


perhatikan gambar. disana lah kita akan menemukan ide kata kunci baru yang mana kata kunci tersebut sering di ketikan oleh manusia di mesin pencari google.

anda bisa memadukan kata kunci tersebut menjadi satu judul atau satu buah paragraf ,
download dahulu ide kata kunci tersebut dalam bentuk file csv.

kemudian gabungkan kata-kata tersebut menjadi sebuah kalimat yang padu dan nyambung.


yang perlu anda ingat adalah, jika anda masih baru cari lah kata kunci yang low kompetitor (persaingan rendah) biasa nya longtail keyword/kata kunci berekor panjang lah yang persaingan nya rendah